Sempurnakan DPTHP 1, KPU Minta Data Kependudukan ke Kemendagri

Sempurnakan DPTHP 1, KPU Minta Data Kependudukan ke Kemendagri

TRIBUNNEWS.COM, Banda Aceh – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan surat permohonan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta data kependudukan hasil konsolidasi selama enam bulan terakhir.

Data kependudukan itu akan menjadi dasar untuk penyusunan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4).

Saat ini, DP4 Pemilu 2019, kata dia, bersumber dari data kependudukan semester 1 tahun 2017 yang update dengan data terakhir karena diberikan tanggal 15 Desember 2017. Sementara, menurut dia, sekarang sudah ada data kependudukan semester 1 tahun 2018.

“Penting bagi KPU mendapatkan data kependudukan mutakhir. DP4 Pemilu 2019 yang sudah disampaikan itu basis data semester pertama 2017. Sekarang sudah ada mestinya data kependudukan semester pertama 2018,” kata Komisioner KPU RIViryan Aziz, ditemui di kantor KPU RIRabu (19/9/2018).

Di Pasal 201 ayat 8 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan Pemerintah memberikan data kependudukan yang dikonsolidasikan setiap 6 (enam) bulan kepada KPU sebagai bahan tambahan dalam pemutakhiran data Pemilih.

Dia menjelaskan, pasal itu maknanya adalah pemerintah mempunyai kewajiban untuk memberikan ke KPU. Nantinya, data itu akan dipergunakan menyusun Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 1.

“Tentu dalam konteks penyempurnaan DPTHP 1. Itu yang akan kami jadikan bahan tambahan dalam pemutakhiran sekarang,” kata dia.

Sebagai upaya melakukan pemutakhiran data, kata dia, terdapat tiga hal yang dilakukan. Pertama, KPU ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai jumlah dan nama-nama penduduk yang sudah memiliki KTP-el.

Kedua, bagi yang belum memiliki KTP-el, tetapi sudah merekam. Ketiga yang belum merekam.

“Jumlah penduduk kabarnya 260 juta. Kami ingin menggunakan data baru itu sebagai upaya untuk penyempurnaan DPTHP,” kata dia.

Dia menambahkan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil setiap enam bulan sekali mengonsolidasikan data. Ada data kependudukan semester pertama dan kedua, setiap tahun.

“Sekarang sudah bukan Desember, harusnya data kependudukan yang sudah dikonsolidasikan terakhir itu Juni 2018. Berarti ada waktu Juli dan Agustus. Kami harapkan data ini ada secara lengkap dan akan kami pergunakan,” katanya.

 

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *