Kemendagri Data WNI Luar Negeri, Dari Nigeria Sampai Saudi Arabia

Kemendagri Data WNI Luar Negeri, Dari Nigeria Sampai Saudi Arabia

Banda Aceh – Kewajiban negara untuk memberikan identitas penduduk kepada seluruh WNI, di dalam maupun luar negeri, terus dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri. Sebagai penanggung jawab penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Ditjen Dukcapil terus melakukan pendataan.

Setidaknya, pemerintah akan menyasar pendataan WNI luar negeri di 10 negara pada selama tahun 2018. Pendataan dilakukan di Nigeria, Amerika Serikat, Jerman, sampai Saudi Arabia.

“WNI di luar negeri akan diberikan Nomor Identitas Tunggal (seperti NIK bagi WNI di dalam negeri) serta dapat melakukan perekaman KTP-el,” jelas Mendagri Tjahjo Kumolo saat tanda tangan kerjasama dengan PT. EDIK di SCTV Tower, Jakarta (13/07/2018).

Tjahjo mengaku, pendataan menyeluruh WNI terutama di luar negeri, merupakan perintah langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Kepadanya, Jokowi acap kali menanyakan terkait KTP-el.

“Pak Presiden itu sering sekali menghubungi saya, yang ditanyakan hanya soal KTP-el. Saya sampaikan kepada beliau 97% penduduk Indonesia yang sudah melakukan perekaman, tersisa 3% saja”, beber Tjahjo menjelaskan capaian perekaman KTP-el posisi akhir tahun 2017.

Sebagaimana perintah Jokowi, ia memerintahkan jajaran Ditjen Dukcapil untuk memberi perhatian pendataan WNI di dalam dan luar negeri.

“Tahun 2018 ini Bapak Presiden memerintahkan agar pendataan dilakukan didalam dan luar negeri,” lanjut Tjahjo.

Terhadap penduduk yang belum melakukan perekaman, menurut Tjahjo tidak mudah untuk menuntaskan sisa perekaman yang ada. Dukcapil akan melakukan layanan jemput bola terhadap warga yang belum merekam data dirinya. Selain itu, tentu kesadaran dari penduduk itu sendiri yang utama untuk menuntaskan perekaman KTP-el.

Sementara Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menambahkan, Dukcapil menjadi pusat perhatian masyarakat dan banyak pihak. Karenanya, pelayanan masyarakat untuk mendapatkan dokumen dan identitas kependudukan di dalam negeri maupun luar negeri akan dikebut.

“Kami akan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang cepat dan fokus serta dapat dipertanggungjawabkan,” tutupnya. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *