Kemendagri Beri 8 Penghargaan pada Rakornas Dukcapil di Semarang

Kemendagri Beri 8 Penghargaan pada Rakornas Dukcapil di Semarang

Banda Aceh– Tidak kurang dari 2 ribu peserta tumpah ruah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional II Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas II Dukcapil) di Hotel & Convention Patra Semarang, Jawa Tengah.

Rakornas yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 12 sampai 14 September 2018. Pesertanya merupakan pejabat pada Dinas/OPD yang menangani Administrasi Kependudukan (Adminduk) di provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Selain dihadiri langsung oleh Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh mewakili Menteri Dalam negeri, juga sebagai tuan rumah hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh peserta dan undangan yang hadir.

Mengangkat tema “Tuntaskan Rekam Cetak KTP-el, Sukseskan Pemilu 2019”, Rakornas II Dukcapil menghadirkan narasumber di antaranya Staf Ahli Mendagri, KPU RI dan Bawaslu RI. Tidak ketinggalan juga narasumber Dirjen Dukcapil, Sekretaris Ditjen Dukcapil, dan para Direktur di lingkungan Ditjen Dukcapil.

Semua materi yang disampaikan narasumber untuk memperkuat komitmen jajaran Dukcapil guna turut menyukseskan Pemilu 2019 sesuai dengan kewenangan dalam bidang pelayanan Adminduk, terutama untuk menuntaskan rekam cetak KTP-el sebagai syarat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019.

Seperti Rakornas tahun sebelumnya, ada momen penting yang ditunggu-tunggu peserta dan undangan yang hadir. Momen tersebut adalah pembacaan pemberian penghargaan kepala sejumlah kementerian/lembaga dan daerah atas prestasi dan dukungannya dalam bidang Adminduk.

Rakornas kali ini, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil memberikan 8 penghargaan kepala kementerian/lembaga dan daerah. Penghargaan tersebut dibagi dalam lima kategori, yaitu kategori Dukcapil Bisa, Dukcapil Hebat, Dukcapil Selaras, Mitra Dukcapil, dan Kategori Khusus.

Berikut kementerian/lembaga dan daerah penerima penghargaan berdasarkan kategorinya.

Kategori Dukcapil Bisa 

1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya

Kategori Dukcapil Bisa pertama untuk daerah dengan jumlah penduduk besar lebih dari 1 juta jiwa diberikan kepada Dinas Dukcapil Kota Surabaya.

Dinas Dukcapil Kota Surabaya memiliki prestasi capaian tertinggi cakupan penerbitan Akta Kelahiran untuk anak usia 0-18 tahun dan perekaman KTP-el, memiliki ragam inovasi, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta prestasi kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

2. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang

Kategori Dukcapil Bisa kedua untuk daerah dengan jumlah penduduk sedang antara 501.000 sampai 1.000.000 jiwa diberikan kepada Dinas Dukcapil Kota Malang.

Dinas Dukcapil Kota Malang memiliki prestasi capaian tertinggi cakupan penerbitan Akta Kelahiran untuk anak usia 0-18 tahun dan perekaman KTP-el, memiliki ragam inovasi, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta prestasi kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun

Kategori Dukcapil Bisa ketiga untuk daerah dengan jumlah penduduk kecil kurang dari 500.000 jiwa diberikan kepada Dinas Dukcapil Kota Madiun.

Dinas Dukcapil Kota Madiun memiliki prestasi capaian tertinggi cakupan penerbitan Akta Kelahiran untuk anak usia 0-18 tahun dan perekaman KTP-el, memiliki ragam inovasi, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta prestasi kinerja Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kategori Dukcapil Hebat 

Kategori Dukcapil Hebat diberikan kepada Walikota Denpasar, Provinsi Bali.

Walikota Denpasar dinilai memberikan dukungan penuh atas upaya peningkatan kualitas pelayanan Adminduk melalui pengembangan inovasi dan besarnya dukungan kepala daerah terhadap pelayanan Adminduk.

Kategori Dukcapil Selaras

Kategori Dukcapil Selaras diberikan kepada BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan dinilai sebagai lembaga yang melakukan pemanfaatan data kependudukan, NIK dan KTP-el dalam jumlah banyak, paling sering mengakses data kependudukan, serta output dan outcome-nya bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Kategori Mitra Dukcapil

Kategori Mitra Dukcapil diberikan kepada Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI).

IKI dinilai berperan aktif dan konsistensi dalam mendukung pelaksanaan program Adminduk.

Kategori Khusus

1. Bupati Lebak, Provinsi Banten

Kategori Khusus pertama diberikan kepada Bupati Lebak atas besarnya dukungan dan komitmen terhadap pemenuhan identitas kependudukan kepada masyarakat Suku Baduy dan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

2. Bupati Merauke, Provinsi Papua

Kategori Khusus kedua diberikan kepada Bupati Merauke atas besarnya dukungan dan komitmen terhadap pengembangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dengan mencanangkan pertama kali Desa Sadar Administrasi Kependudukan Provinsi Papua.

Penghargaan diberikan kepada kementerian/lembaga dan daerah dalam bentuk piagam dan plakat penghargaan. Keduanya diberikan langsung oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh pada pembukaan Rakornas II Dukcapil didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bagi Kemendagri, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi kementerian/lembaga dan daerah lain, untuk turut aktif dalam peningkatan pelayanan Adminduk serta pemanfaatan data kependudukan dalam semua urusan. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *