Kemendagri Ajak KPU Terus Bersinergi Akses Data Kependudukan

Kemendagri Ajak KPU Terus Bersinergi Akses Data Kependudukan

Banda Aceh – Menyambut pesta demokrasi yang sudah semakin dekat, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil), Zudan Arif Fakruloh terus mengajak Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) untuk terus bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri.

Sinergitas kedua lembaga dinilainya sangat penting untuk mendukung suksesnya Pemilu 2019, salah satunya melalui optimalisasi akses data kependudukan untuk berbagai keperluan Pemilu.

Akses data kependudukan menurut Zudan selama ini sudah berjalan efektif. Akan tetapi, dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu 2019, akses data kependudukan perlu ditingkatkan.

“Di dalam Pilpres ini, dukungan dari Dukcapil pada KPU (Komisi Pemilihan Umum) sangat penting. Oleh karena itu KPU mari terus bersinergi, tolong gunakan password dan id yang kami berikan untuk mengakses data kependudukan,” kata Zudan di Gedung Idham Chalid, Samarinda, Kalsel, Kamis (30/08/2018).

Hal ini disampaikan Zudan di depan para peserta acara   Sosialisasi Penyelenggaraan Kebijakan Administrasi Kependudukan Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan #GISA Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pasalnya, akses terhadap data kependudukan kini kian mudah. Lewat database Dukcapil, KPU tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil untuk meminta data data kependudukan.

“Jadi sangat mudah Pak, KPU sudah sangat kita mudahkan. Mudah-mudahan KPU segera mau optimal mengakses database, sehingga tidak melulu hampir 2 minggu sekali minta data ke Dinas Dukcapil,” katanya.

Selain itu, ia juga meminta partisipasi aktif masyarakat dalam menuntaskan perekaman KTP-el yang ia sampaikan dalam pantunnya.

“Pagi ini kita berkumpul di Kalsel, bersama sama menjaga persatuan. Pelayanan Adminduk mari kita tingkatkan, Pilpres dan Pileg harus kita sukseskan”, tutupnya. Dukcapil*** 

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *