Bikin KTP-el di Sekretariat Negara Kurang dari 10 Menit

Bikin KTP-el di Sekretariat Negara Kurang dari 10 Menit

Banda Aceh – Pasca instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait peningkatan kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) beberapa waktu yang lalu, Kementerian Dalam Negeri terus melakukan berbagai upaya percepatan pelayanan kepada masyarakat. Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) gencar dilakukan di pusat dan daerah untuk mempercepat pengurusan dokumen kependudukan.

Nah pada Jum’at tanggal 13 Juli 2018 kemarin, Ditjen Dukcapil Kemendagri menfasilitasi Dinas Dukcapil DKI Jakarta untuk membuka layanan KTP-el di Sekretariat Negara (Setneg RI). Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, penduduk yang mengurus KTP-el di sana bisa langsung mendapatkan fisik KTP-el kurang dari 10 menit.

“Pemohon yang merekam data KTP-el pertama kali bisa langsung menerima KTP-elnya dalam jangka waktu kurang dari 10 menit sejak persyaratan dinyatakan lengkap oleh petugas”, jelas Prof. Zudan melalui catatan tertulis Sabtu (14/07/2018).

Menurutnya, layanan KTP-el ini merupakan bagian dari program Giat layanan GISA yang berlangsung di Setneg RI yang dirangkai dengan kegiatan Leader’s Talk bertema “Apa Kabar Mal Layanan Publik”.

Untuk menjamin kelancaran pelayanan, selain menugaskan tim teknis dari Ditjen Dukcapil, Prof. Zudan juga menugaskan Sekretaris Ditjen I Gede Suratha untuk memantau langsung kelancaran pelayanan. I Gede Suratha juga berkesempatan menyerahkan KTP-el kepada perwakilan warga yang mengurus KTP-el.

“Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk memberikan gambaran layanan Adminduk sebagai bagian dari layanan di Mall Pelayanan Publik, sekaligus membantu kemudahan bagi pegawai di lingkungan Lembaga Kepresidenan dalam mengurus dokumen kependudukannya”, lanjut Prof. Zudan.

Sampai pada pukul 13.30 WIB kemarin, tim pelayanan sudah melayani 250 keping KTP-el yang rusak, hilang, perubahan elemen data, penggantian Surat Keterangan Pengganti KTP-el (Suket), dan permohonan baru.

“Sekarang layanan masih berlangsung, selain rekam dan cetak KTP-el juga distribusi KTP-el yang sudah dicetak. Jadi silakan dimanfaatkan”, tutup Prof. Zudan. Dukcapil***

Sumber :Puspen Kemendagri

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *