Tiap Tahun Penduduk Bandung Bertambah 200 Ribu orang

Tiap Tahun Penduduk Bandung Bertambah 200 Ribu orang

Liputan6.com, Bandung – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung Popong Nuraeni menyatakan jumlah warganya meningkat 8 persen dalam 5 tahun terakhir.
Menurut Popong, penduduk Kota Bandung pada 2010 sebanyak 2,3 juta orang. Pada tahun ini, jumlah penduduk mencapai 2,4 juta orang setelah data awal disisir Kementerian Dalam Negeri.
Awalnya Disdukcapil mencatat jumlah penduduk 2,6 juta jiwa. Anomali data penduduk itu disebabkan adanya penduduk beridentitas ganda dan beralamat ganda.

“Setelah dikonsolidasi oleh Kemendagri, dikonsolidasi itu dibersihkan oleh Kemendagri ya, data kita itu 2,4 juta jiwa yang bersihnya,” ujar Popong di Kantor Dukcapil Bandung, Kamis (17/12/2015).
Popong Nuraeni menjelaskan jumlah warga Bandung sebanyak 2,4 juta itu termasuk ratusan ribu penduduk yang datang dan yang meninggalkan Kota Bandung.
Meski selisih antara jumlah yang datang dan pergi sedikit, kata dia, jumlah pendatang lebih besar dari jumlah penduduk setempat.
Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penduduk kembali,  Pemerintah Bandung akan mengantisipasinya dengan menggelar operasi yustisi dan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *