Dinas Registrasi Kependudukan Aceh merupakan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang di bentuk berdasarkan Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2010 tentang Susunan  Organisasi dan Tata Kerja Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA).

Tugas Pokok Dinas Registrasi Kependudukan Aceh melaksanakan urusan pemerintahan umum dan pembangunan di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil untuk menyelenggarakan pendataan dan pemutakhiran data administarsi kependudukan dan pencatatan sipil yang valid dan akurat dengan tugas :

  1. Menyelenggarakan Kegiatan di Bidang Data Kependudukan
  2. Menyelenggarakan Kegiatan di Bidang Database dan Teknologi Informasi
  3. Menyelenggarakan Kegiatan di Bidang Pencatatan Sipil dan
  4. Melaksanakan Kegiatan Ketatausahaan/Sekretariatan

 

Kewenangan Dinas Registrasi Kependudukan Aceh

  1. Memberikan informasi data kependudukan kepada pihak terkait;
  2. Melaksanaan sentralisasi data kependudukan aceh;
  3. Menjamin kerahasiaan data pribadi penduduk aceh;
  4. Melaksanakan validasi data penduduk aceh;
  5. Meminta informasi data pada instansi terkait;
  6. Melaksanakan bimbingan, supervisi dan konsultasi pelaksanaan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  7. Melaksanakan pembinaan dan sosialisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan aceh;
  8. Melaksanakan pengelolaan dan penyajian data kependudukan aceh; dan
  9. Melaksanakan koordinasi, pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan administrasi kependudukan aceh.