Prof. Zudan: Semua Layanan Publik Harus Pakai Card Reader KTP-el

Prof. Zudan: Semua Layanan Publik Harus Pakai Card Reader KTP-el

thumb_Prof._Zudan_Bimtek_Capil_Banda Aceh– Pemanfaatan card reader (alat pembaca) KTP-el dalam layanan publik kepada masyarakat sudah menjadi keharusan bagi setiap lembaga pengguna, baik lembaga pemerintah maupun swasta.

Selain untuk efektif dan efisien pelayanan, juga untuk memaksimalkan fungsi KTP-el sebagai identitas tunggal penduduk yang bersifat elektronik, yang bisa dimanfaatkan untuk semua keperluan.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menegaskan hal itu pada acara Sosialisasi Kebijakan Pencatatan Kelahiran di Jakarta, Selasa (20/03/2018).

Sosialisasi dihadiri para pelaksana petugas pencatatan sipil di provinsi dan kabupaten/kota.

“Siapapun yang ingin mengurus perizinan, izin apapun dan di instansi manapun, sudah tidak perlu lagi mengisi buku tamu secara manual. Pengisian manual, menjadi suatu anomali yang harus dihentikan”, jelas Prof. Zudan.

Begitupun halnya jika ada warga yang mengurus perizinan di PTSP, tidak perlu lagi mengisi buku tamu.

“Gantinya yaitu menggunakan KTP-el, NIK serta card reader. Anomali (isi buku tamu secara manual) ini harus dihentikan,” papar Prof. Zudan.

Bahkan layanan terpadu di Kabupaten/Kota, menurutnya, semuanya sudah harus menggunakan alat pembaca KTP-el (card reader). Dimulai dari proses pembuatan sampai pembayaran dapat dilakukan secara online dengan basis data KTP-el.

Dengan demikian, warga yang hendak mengajukan permohonan perizinan tidak perlu lagi menyertakan fotokopi KTP-el.

Untuk itu, seluruh instansi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga perbankan, dan swasta yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, wajib menyediakan card reader KTP-el.

“Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam pasal 10c ayat (1) dan (2) Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2011,” tambah Zudan.

Dalam pasal 58 (4) Undang-undang Adminduk, lanjutnya, layanan publik merupakan bagian dari pemanfaatan data yang menjadi prioritas Dukcapil dalam pelayanan kepada masyarakat. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *