Padang Melayat, Terobosan Baru Pelayanan Adminduk di Kota Padang

Padang Melayat, Terobosan Baru Pelayanan Adminduk di Kota Padang

thumb_Pelayanan_Kota_Padang2Banda Aceh – Pemerintah melalui Ditjen Dukcapil terus mendorong pemerintah daerah untuk mempercepat pelayanan dokumen kependudukan seperti rekam dan cetak KTP-el, Akta Kelahiran, Surat Keterangan Kematian, dll. Dorongan tersebut direspon oleh daerah melalui berbagai inovasi untuk menjadi yang terdepan dalam pelayanan.

Tak mau ketinggalan dengan daerah lain, Dinas Dukcapil Kota Padang berinovasi melalui Pelayanan Keliling, pelayanan melalui media Dalam Jaringan (Daring), Program Padang Melayat.

Kepala Bidang Informasi Kependudukan Dinas Dukcapil Kota Padang Maiyulita bercerita banyak tentang inovasi tersebut kepada Tim Media Dukcapil saat berkunjung di Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jakarta Selatan, Jum’at (28/07/2016). Didampingi Kasi Data dan Pelaporan, Maiyulita menyampaikan bahwa dinasnya terus melakukan upaya percepatan pelayanan. “Percepatan pelayanan itu dalam konteks ini berada pada dua hal: pelayanan manual dan pelayanan IT (information technology)”, ujarnya saat diwawancarai Tim Media di Galeri Dukcapil Kemendagri.

Pelayanan Keliling

Untuk mempercepat capaian perekaman dan pencetakan KTP-el, selain memberikan pelayanan di kantor, Dinas Dukcapil Kota Padang meluncurkan kendaraan Unit Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Keliling. Program ini diluncurkan secara resmi oleh Kadis Dukcapil Drs. Wedistar, MM. Di Kota Padang, Senin (22/11/2015).

Kendaraan unit pelayanan tersebut turun ke kecamatan disertai enam orang untuk melayani masyarakat. Itu artinya, terdapat 11 kendaraan yang langsung melayani masyarakat di tingkat kecamatan.

Kadis Dukcapil mengakui pemberian layanan jemput bola tersebut sebagai tindak lanjut himbauan Walikota agar seluruh SKPD lebih dekat dan melayani masyarakat. “Proses pengambilan data tiga kali dalam seminggu, yakni Senin, Selasa, dan Rabu, dengan proses 2 x 24 jam selesai,” ujarnya.

Padang Melayat

Selain pelayanan keliling, Dinas Dukcapil Kota Padang juga meluncurkan terobosan baru yang disebut Padang Melayat. Program ini memudahkan warga mendapatkan dokumen kependudukan dengan cara diantar langsung ke rumah hari itu juga di saat keluarga sedang berduka karena anggota keluarga meninggal dunia. Program ini secara resmi diluncurkan di Kelurahan Gunung Pangilun Kec. Padang Utara, Sabtu (23/7), memberikan secara gratis Akta Kematian kepada warga setelah melapor ke kantor kelurahan.

Kadis Dukcapil Drs. Wedistar, MM. menyampaikan program ini pertama di Sumatera Barat bahkan di Indonesia. Bahkan ia mengakui layanan serupa sebenarnya sudah dilaksanakan terlebih dahulu di kecamatan Padang Selatan.

Kota Percontohan

Terobosan lain yang bahkan sudah mendapatkan pengakuan secara nasional adalah pelayanan media Dalam Jaringan (Darling). Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH. mengatakan saat peluncuran layanan tersebut bahwa Kota Padang patut menjadi percontohan dalam pelayanan kependudukan di Indonesia.

“Upaya yang dilakukan Disdukcapil cukup baik dalam memberikan pelayanan pembuatan KTP-el penduduk atau akta dengan waktu yang singkat,” ujar Prof. Zudan di Padang, Jum’at, (27/05/2016). Menurutnya, keberhasilan Kota Padang memberi pelayanan dengan waktu 3 menit tergolong cepat di seluruh Indonesia.

Prof. Zudan juga mengapresiasi pemerintah daerah dengan jumlah penduduk 873,086 jiwa ini atas capaian 91% penduduk yang telah menyelesaikan pengurusan KTP-el. Jumlah ini dinilai melebihi capaian rata-rata nasional yang mencapai 87%. Dukcapil***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *