Mirwan Amir: Pak SBY Perintahkan Proyek E-KTP Dilanjutkan Walau Ada Masalah

Mirwan Amir: Pak SBY Perintahkan Proyek E-KTP Dilanjutkan Walau Ada Masalah

mirwan-amir.jpg11Banda Aceh (Pos Kota) – Mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Mirwan Amir mengaku pernah menyampaikan kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang saat itu menjabat Presiden ke-6 RI bahwa sebaiknya proyek pengadaan kartu tanda penduduk eletronik atau e-KTP dihentikan.

“Pernah saya sampaikan (kepada SBY) bahwa program e-KTP ini lebih baik tidak dilanjutkan,” kata Mirwan saat bersaksi dalam sidang perkara proyek e-KTP, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (25/1/2018). Mirwan bersaksi untuk terdakwa eks Ketua DPR, Setya Novanto.

Penuturan itu disampaikan Mirwan usai dicecar beberapa pertanyaan oleh tim penasehat hukum Novanto. Atas jawaban itu, anggota penasehat hukum Novanto, Firman Wijaya kembali bertanya, bagaimana tanggapan SBY?

“Tanggapan dari Bapak SBY bahwa ini kita untuk menuju Pilkada jadi poyek ini harus diteruskan,” lanjut Mirwan.
Eks politikus Partai Demokrat yang sekarang sudah berganti baju Hanura itu sendiri mengatakan sempat mendengar informasi dari pengusaha Yusnan Solihin bahwa ada masalah dalam pelaksanaan proyek e-KTP. Atas itu ia menyampaikan kepada SBY, saat ada kegiatan di kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat.

“Saya dengar saran dari Pak Yusnan bahwa saya tidak tahu masalah teknisnya e-KTP ini, tapi menurut pak Yusnan program e-KTP ini ada masalah. Maka dari itu pak Yusnan membuat surat yang ditujukan kepada pemerintahan pemenang pemilu 2009 dan saya juga percaya dengan Pak Yusnan kalau memang program ini tidak baik jangan dilanjutkan,” imbuh Mirwan.

Firman pun sempat mempertanyakan kaitan pernyataan Mirwan kepada SBY bahwa proyek e-KTP bermasalah. Mirwan membenarkan, namun dia mengaku tak punya kekuatan untuk menghentikan proyek itu.

“Yah posisi sayakan hanya orang biasa saja, tidak punya kekuatan untuk menyetop program e-KTP ini, tapi saya sudah sampaikan atas saran Pak Yusnan,” tuntasnya.(yulian/tri)

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *