Mendagri Teken 4 Peraturan Untuk Percepat Pelayanan Adminduk

Mendagri Teken 4 Peraturan Untuk Percepat Pelayanan Adminduk

thumb_Mendagri2Banda Aceh – Pada tahun 2017 lalu, Mendagri Tjahjo Kumolo menandatangani 4 peraturan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di seluruh Indonesia.

Peraturan tersebut adalah Permendagri Nomor 118 Tahun 2017 tentang Blangko Kartu Keluarga, Register dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil, serta Permendagri Nomor 119 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian serta Tugas Pokok  Pejabat Pencatatan Sipil dan Petugas Registrasi.

Selain itu, juga telah terbit Permendagri Nomor 120 Tahun 2017 tentang UPT Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota.

Terakhir, Permendagri Nomor 124 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Dana Pelayanan Administrasi Kependudukan.

Berdasarkan 4 Permendagri tersebut, dan hasil rumusan Rakornas Dukcapil tahun 2018 di Kota Batam beberapa waktu yang lalu, ada beberapa langkah strategis yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan Adminduk yang membahagiakan masyarakat.

Peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di antaranya dapat dilakukan berbagai langkah inovasi seperti pelayanan online, integrasi pelayanan dan percepatan waktu penerbitan dokumen kependudukan.

Selain itu, kabupaten/kota juga didorong untuk memberikan pelayanan tanpa permohonan, misalnya penerbitan Akta Kematian tanpa menunggu adanya pengajuan.

Bagi pejabat yang membidangi Adminduk di provinsi dan kabupaten/kota, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kinerja dan penilaian kinerja atas pelaksanaan tugas pejabat dukcapil di provinsi dan kabupaten/kota.

Dari segi kelembagaan dan anggaran, dilakukan penguatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan penambahan anggaran, penguatan kelembagaan dan pemberdayaan SDM serta pemanfaatan data oleh semua Dinas/OPD. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *