Mendagri Pastikan Ketersediaan Blanko KTP Pusat Tercukupi

Mendagri Pastikan Ketersediaan Blanko KTP Pusat Tercukupi

whatsapp_image_2017-09-22_at_15.19.32_1Banda Aceh – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan ketersediaan blanko KTP elektronik di pusat mencukupi.

Saat ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kata dia sudah mencetak 7,8 juta blanko per September 2017. Namun untuk urusan distribusinya memang bertahap ke daerah-daerah yang secara resmi meminta kebutuhan blanko.

“Ini kan wilayah besar. Mencetak 7 juta itu juga tidak bisa sekaligus,” kata Tjahjo saat melangsungkan pertemuan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, di Balaikota Yogyakarta, Jumat (22/9).

Mendagri juga meminta agar pemerintah daerah melalui dinas dukcapilnya bisa transparan dengan ketersedian blanko mereka. Jangan sampai blanko ada, namun saat publik selaku pemohon ingin merekam data, dikatakan kosong.

“Bisa dipecat nanti kepala dinasnya,” ujar Tjahjo.

Menurut dia, Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri akan memberikan sanksi dan melakukan pembinaan kepad daerah yang tak jujur. Jajaran pusat akan terus melakukan pengecekan meninjau pelayanan publik di dukcapil daerah.

“KTP itu kan nyawanya kita, semua mengurus menggunakan KTP. Blanko di pusat ini cukup jadi kalau kosong, langsung minta ke pusat,” tambah dia.

Sumber :Puspen Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *