Mendagri Ingatkan ASN Netral dan Hargai Perbedaan pada Pilkada 2018

Mendagri Ingatkan ASN Netral dan Hargai Perbedaan pada Pilkada 2018

thumb_Upacara_Hari_Otda_2018Banda Aceh – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), pusat dan daerah, untuk bersikap netral pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018 mendatang.

“Kepada seluruh ASN, saya ingatkan untuk menjaga netralitas selama Pilkada mendatang berlangsung”, kata Tjahjo dalam arahan yang dibacakan Direktur Fasilitasi Keuangan dan Asset Pemerintahan Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Raden Gani Muhammad, di Jakarta, Rabu (25/04/2018).

Arahan disampaikan Raden Gani Muhammad selaku pembina upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (HUT Otda) yang ke-22 tahun 2018 di halaman parkir komplek Bina Pemdes dan Dukcapil Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Turut hadir pada upacara Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha, beserta para Direktur di lingkungan Ditjen Dukcapil.

Upacara HUT Otda gabungan ASN Ditjen Dukcapil dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa ini mengangkat tema “Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis”.

Tjahjo bahkan secara tegas menyatakan akan memberi sanksi jika menemukan ada ASN yang bersikap tidak netral dan menjadi bagian dari kampanye pasangan calon Pilkada.

“Pemerintah tidak akan sungkan memberi sanksi tegas jika ada ASN yang mencoba-coba menjadi tim sukses calon kepala daerah, juru kampanye, memberikan bantuan fasilitas untuk kampanye atau bentuk tindakan tidak netral lainnya”, lanjut Tjahjo.

Terhadap segala perbedaan yang akan muncul selama pesta demokrasi berlangsung, Tjahjo mengingatkan agar para calon dan pendukungnya menjadikan Pilkada sebagai kontestasi ide dan gagasan, bukan untuk saling serang dan menghujat.

“Jadikanlah Pilkada ini kontestasi ide dan gagasan, bukan ajang saling serang dan hujat. Perbedaan selama Pilkada adalah penguat bukan jadi alat pemecah belah”, tambah Tjahjo dalam arahannya.

Untuk diketahui, tahun 2018 ada peristiwa besar dan penting yang menjadi bagian dari agenda politik nasional.

Peristiwa tersebut adalah penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 pada 27 Juni 2018 mendatang. Pilkada akan berlangsung secara bersamaan di 171 daerah, yang terdiri dari 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *