Mendagri Imbau Satu Juta Penduduk di 101 Daerah Pilkada Segera Rekam KTP el

Mendagri Imbau Satu Juta Penduduk di 101 Daerah Pilkada Segera Rekam KTP el

whatsapp_image_2016-11-23_at_11-51-10_am_1Banda Aceh – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan serta mengimbau sebanyak lebih kurang satu juta penduduk yang berada di 101 daerah Pilkada serentak 2017  untuk segera merekam data Kartu Tanda Penduduk Elektornik (KTP el).

Mendagri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih proaktif untuk merekam data di dinas dukcapil yang ada di daerah masing-masing.“Mau datang minimal merekam data,” tegas Mendagri.

Menghadapi Pilkada 2017 nanti, masyarakat yang sudah merekam data KTP el namun belum mendapatkan blanko maka akan diberikan surat keterangan bahwa penduduk yang bersangkutan sudah merekam data.

Adapun fungsi surat keterangan ini nanti kata Tjahjo, yakni agar penduduk di 101 daerah tidak kehilangan hak pilih untuk mencoblos.Dalam rangka Pilkada serentak 2017 mendatang, Kemendagri telah melakukan  verifikasi, validasi, serta integrasi terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami sampaikan bahwa DP4 itu bersumber dari data kependudukan dan kabupaten kota yang memang telah kita konsolidasikan selama dua tahun ini, berangkat dari proses pilkada serentak di tahun 2015,” ujar Tjahjo.

Dalam hal ini, telah ada kesepakatan antara Kemendagri dengan KPU terhadap data pegangan awal sebagai bahan dalam penyusunan daftar pemilih pilkada serentak tahun 2017 sebagaimana amanat pasal 58 ayat 1 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Sumber :Humas Puspen kemendagri

Tags :Mendagri Imbau Satu Juta Penduduk di 101 Daerah Pilkada Segera Rekam KTP el

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *