Mendagri Berpesan agar Aceh Tegakan Syariat Islam

Mendagri Berpesan agar Aceh Tegakan Syariat Islam

whatsapp_image_2017-07-05_at_17.59.02_1BANDA ACEH – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo titip pesan pada gubernur-wakil gubernur Aceh, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang baru dilantik. Ia meminta agar kepala daerah ini serius menegakkan syariat Islam di bumi Serambi Mekkah.

Ini penting dilakukan untuk menampakkan identitas kekhususan Aceh yang diakui Negara.

“Saya mohon pada pak Gub menjadikan Aceh benar-benar menjadi Serambi Mekkah, identitas keislaman harus muncul di Aceh, sebagai bagian dari kebhinnekaan kita, ini harus didukung,” kata Tjahjo Kumolo, kemarin

Sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam, pemerintah Aceh diusulkan memperbanyak masjid dan memakmurkan masjid di setiap gampong, kecamatan hingga kabupaten/kota.

“Kami ingin setiap RT/RW, kabupaten, kecamatan ada masjid tersedia, ini bagian dari kebhinnekaan yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sebut dia.

Menurutnya, ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh. Undang-undang tersebut telah mengamanahkan Aceh menerapkan syariat Islam. Ini juga dijamin dalam undang-Undang 1945, sebagai bagian dari keberagaman di NKRI.

“Termasuk di Aceh ini harus memperhatikan sungguh-sungguh adat dan budaya setempat, tetap berpijak pada bumi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Mendagri juga berpesan, dalam memimpin Aceh 5 tahun ke depan harus melibatkan seluruh elemen. Baik itu ulama, tokoh masyarakat, adat, kepolisian dan TNI, partai politik dan juga insan pers dalam setiap pengambilan kebijakan politik.

“Semua harus dilibatkan untuk mempercepat pembangunan di Aceh. sehingga bisa terwujud seperti yang diinginkan oleh Pak Jokowi, agar Aceh tidak tertinggal dari provinsi lain,” tutupnya.

Sumber :merdeka.com

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *