KPK Panggil Eks Pejabat BPKP Terkait Kasus e-KTP

KPK Panggil Eks Pejabat BPKP Terkait Kasus e-KTP

407b353c-e2b3-43fd-9c91-a4879910e023_43Banda Aceh – KPK memanggil mantan Direktur Investigasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Samono terkait dengan dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Ia dipanggil sebagai saksi dalam kasus ini.

“Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka S (Sugiharto),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/1/2017).

Selain Samono, KPK memanggil mantan Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah II Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Ernadhi Sudarmanto. Saksi juga dihadirkan oleh KPK untuk tersangka lainnya, yaitu Irman.

Saksi untuk Irman adalah Staf Peneliti Pengembangan dan Rekayasa Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT Gembong Satrio. Selain itu, mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Sugiharto, yang juga tersangka dalam kasus ini.

Dalam kasus yang diduga merugikan negara Rp 2 triliun ini, KPK telah memeriksa lebih dari 250 saksi. KPK telah menetapkan dua tersangka, yakni eks Dirjen Dukcapil Irman dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Sugiharto. Saat proyek e-KTP berlangsung, Irman menjabat kuasa pengguna anggaran, sedangkan Sugiharto sebagai pejabat pembuat komitmen.
(HSF/aan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *