Kemendagri Teken Kerjasama Pemanfaatan Data E-KTP Bagi Perbankan

Kemendagri Teken Kerjasama Pemanfaatan Data E-KTP Bagi Perbankan

mendagri-dukcapil1_1Banda Aceh– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersinergi dengan beberapa Bank dalam rangka pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) , Data Kependudukan dan KTP elektronik. Kerjasama ini dituangkan dalam penandatanganan kerja sama dengan Bank Mega, Bank DBS Indonesia, Bank Nusantara Parahayangan, dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Cahyo Kumolo hadir dalam acara ini untuk menyaksikan penandatanganan tersebut. Dirinya menekankan bahwa sinergi ini penting demi kemajuan pembangunan.

“Adanya data kependudukan yang tinggi sehingga ada jaminan akurasi yang dapat dipertangungjawabkan. Pemerintah mempunyai tanggung jawab kepada lembaga pemerintah dan swasta,” ujar Mendagri di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2016).

Sementara itu, Dirjen Dukcapil Zudan A. Fakhrulloh menuturkan dengan adanya e-ktp akan menjamin keamanan. Karena E-KTP menjunjung asas ketunggalan data kependudukan.

“Pada saat ini sudah ada 65 lembaga yang mengakses data terus menerus baik data yang NIK maupun KTP elektronik.Sehingga diharapkan diperbankan tidak ada keracuan data. Hal ini akan menjamin ketunggalan data,” ujar Zudan.

Pemanfaatan data E-KTP ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 yang memberikan kewenangan pada bank yang ditunjuk memanfaaatkan data layanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan infrastruktur, penegakan hukum yang semua datanya berasal dari Kemendagri. Perbankan akan dimudahkan dalam pencatatan data nasabah dan memperketat keamanan karena semua data sudah terintegrasi secara elektronik.

Direktur Bank Mega Kostaman Thayib menuturkan bahwa dengan adanya sinergitas ini akan didapatkan banyak manfaat. Salah satunya adalah dapat melakukan mitigasi resiko penyalahgunaan akun.

“Kerjasama ini sangat bermanfaat keakurasiannnya. Dan mencegah penyalahgunanaan data sehingga Meningkatkan pelayanan pada nasabah. Sehingga keaman lebih terjamin,” tegasnya

Kemendagri sudah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik lembaga pemerintahan maupun swasta mengenai pemanfaatan data kependudukan. Oleh karenanya Kementerian terus berupaya untuk menyelesaikan perekaman E-KTP di seluruh Indonesia agar kerjasama tersebut bisa maksimal.

Sumber :news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *