Kemendagri : Layanan Kependudukan Harus Dekat dengan Masyarakat

Kemendagri : Layanan Kependudukan Harus Dekat dengan Masyarakat

aaaaaaaaaBanda Aceh – Kementerian Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan Layanan administrasi kependudukan harus hadir dan dekat dengan masyarakat. Selain sebagai upaya mewujudkan Nawacita pertama melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, juga untuk memenuhi janji negara membuat masyarakat bahagia.

Hal ini dikatakan Zudan menanggapi inovasi pelayanan Pemprov DKI melalui Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan yang menggandeng 5 rumah sakit untuk menerbitkan Akta Kelahiran gratis bagi setiap bayi baru lahir.

“Ini terobosan yang bagus. Penerbitan Akta Kelahiran bekerjasama dengan rumah sakit terus kami dorong. Saya yakin jika hal yang sama dilakukan jajaran Dukcapil di daerah lain akan mempercepat target kepemilikan Akta Kelahiran tahun ini yang mencapai 79 persen”, jelas Zudan, Kamis (16/2).

Keempat RSU yang digandeng Suku Dinas Dukcapil Jaksel sebelumnya merupakan Puskemas Kecamatan. RSU tersebut adalah RSU Pesanggrahan, Jagakarsa, Tebet dan Mampang Prapatan.
Sebelumnya, layanan yang sama telah dibuka di RSUD Pasar Minggu. Dengan demikian, saat ini sudah 5 rumah sakit yang melayani langsung penerbitan Akta Kelahiran.

Selain Akta Kelahiran, keluarga juga akan mendapatkan Kartu Keluarga baru sebagai perubahan penambahan anggota keluarga.

Kasudin Dukcapil Jaksel, Abdul Haris, menyampaikan langkah ini sebagai salah satu upaya Pemprov DKI meningkatkan pelayanan. “Khususnya mempercepat keperdataan seseorang melalui pembuatan Akta Kelahiran bagi bayi yang baru lahir”, jelas dia, Rabu (15/2).

Untuk mendapatkan layanan ini, orang tua atau anggota keluarga harus melengkapi persyaratan berupa copy KTP-el Jakarta, copy surat nikah, Kartu Keluarga dan surat keterangan dari pihak rumah sakit. Selain itu, nama bayi juga harus sudah disiapkan lebih dulu.

Sumber :Ditjen Dukcapil Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *