Kemendagri Kuatkan Komitmen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Kemendagri Kuatkan Komitmen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

thumb_img-20180705-wa0020_1Banda Aceh – Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hamdani, memberikan pengarahan dalam Koordinasi (Rakor) Pengelola Pengaduan Masyarakat Lingkup Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Kamis (05/07/2018).

Rakor diadakan sebagai wujud komitmen Kemendagri dalam mengelola pengaduan masyarakat. Peningkatan pelayanan masyarakat ini ditekankan Hamdani sebagai faktor utama dalam rangka tercapainya reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Saya sampaikan apresiasi yang luar biasa, semoga acara ini berjalan lancar dan sukses. Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu bahwa Kementerian Dalam Negeri memiliki tanggung jawab besar terkait penanganan pengaduan masyarakat,” kata Hamdani saat menyampaikan sambutannya mewakili Sekjen Kemendagri.

Rakor menghadirkan narasumber dari Ombudsman Republik Indonesia (ORI) dan Kemenpan RB. Hadir pula Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bachtiar untuk menyampaikan pengarahan.

Selanjutnya, Hamdani menegaskan pentingnya komitmen yang kuat dalam pengelolaan sistem pengaduan masyarakat.

“Kita semua harus mendukung penuh Pusat Penerangan sebagai leading sector pengelolaan pengaduan masyarakat di lingkup Kemendagri. Kita harus tahu bersama bahwa pengelolaan pengaduan masyarakat merupakan kunci reformasi birokrasi,” jelas Hamdani.

Rakor Pengelola Pengaduan Masyarakat Lingkup Kemendagri sendiri mengangkat tema “Pengelolaan Pengaduan Masyarakat untuk mendukung Reformasi Birokrasi”.

Kegiatan diselenggarkan selama dua hari pada hari Kamis dan Jum’at tanggal 5-6 Juli 2018 dan diikuti sekitar 60 orang peserta yang berasal dari para pejabat pengelola pengaduan masyarakat di lingkungan Kemendagri.

Dari Ditjen Dukcapil diwakili dua orang, yakni Kasubbag Data, Monitoring dan Evaluasi Setditjen Dukcapil beserta staf. Kegiatan Rakor selesai pada hari ini, Jum’at diakhiri dengan kegiatan lapangan peningkatan kapasitas bagi pengelola pengaduan lingkup Kemendagri. Dukcapil***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *