Kemendagri Dorong Daerah Permudah Kaum Difabel Punya KTP-el

Kemendagri Dorong Daerah Permudah Kaum Difabel Punya KTP-el

thumb_KTP-el_Kaum_DifabelBanda Aceh – Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil terus berupaya mempermudah warga negara mendapatkan identitas kependudukan berupa KTP-el. Tidak hanya dari daerah, pembiayaan pelayanan dokumen kependudukan juga dianggarkan dalam APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik.

Melalui mekanisme DAK, pemerintah mendorong daerah untuk melakukan jemput bola atau layanan keliling, baik terkait pendaftaran penduduk maupun pencatatan sipil.

Akan tetapi, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh memberi perhatian khusus untuk mempermudah kaum difabel memiliki KTP-el. Identitas berupa KTP-el tersebut menurutnya menjadi pintu masuk bagi pemerintah untuk memberikan beragam bantuan.

“Kami sadar dan mengetahui dengan kondisi tersebut mengharuskan Dinas Dukcapil untuk memberikan layanan pembuatan KTP-el khusus bagi para teman-teman difabel”, ujar Prof. Zudan baru-baru ini di Jakarta.

Salah satu langkah yang bisa diambil, lanjut Zudan, adalah dengan mendatangi langsung kaum difabel di rumahnya masing-masing.

“Salah satunya dengan layanan jemput bola untuk perekaman data KTP-el,” lanjut Zudan.

Zudah menambahkan, banyak manfaat yang diperoleh kaum difabel jika sudah memiliki KTP-el. Di antaranya memperoleh layanan pinjaman di perbankan atau mengurus kepesertaan BPJS. Zudan sangat memahami jika identitas diri tidak lengjap, maka akan sulit bagi mereka mendapatkan layanan publik.

“Kondisi ini pun akan mempersulit mereka dalam mengakses layanan publik seperti jaminan kesehatan serta pelatihan keterampilan usaha. Ini sangat bermanfaat,” terang Zudan.

Sebagaimana amanat Undang-Undang Adminduk, memberikan identitas kependudukan merupakan kewajiban negara kepada setiap warganya, termasuk kaum difabel. Identitas tersebut dimanfaatkan oleh penduduk dan lembaga pengguna untuk berbagai keperluan, di antaranya terkait layanan publik. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *