Kasus e-KTP, KPK Panggil Anggota KPU DKI Betty Epsilon

Kasus e-KTP, KPK Panggil Anggota KPU DKI Betty Epsilon

da6db94f-72ed-4bcf-8759-c6aea4513cad_169Banda Aceh – KPK memanggil anggota KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Saksi lain yang ikut dipanggil KPK adalah Setya Novanto dan Arif Wibowo.

“Sebagai saksi pengadaan paket Penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional (KTP Elektronik). Sebagai saksi dari S (Sugiharto),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (13/12/2016).

Belum ada informasi lanjutan mengenai keterangan yang dibutuhkan penyidik dari Betty terkait kasus korupsi e-KTP yang merugikan keuangan negara Rp 2,5 triliun.

Sebelum menjabat anggota KPU DKI, Betty pernah menjadi Staf Ahli Komisi II DPR RI. Betty bertugas pada tahun 2009 hingga 2013.

Selain Betty, KPK juga memanggil anggota DPR RI Arif Wibowo. Arif Wibowo bertugas di Komisi II DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2019 yang merupakan mitra kerja Kemendagri.

Sementara itu pada pagi tadi Setya Novanto datang ke KPK untuk pemeriksaan sebagai saksi kasus yang sama. Nama Novanto yang kini menjadi ketum Golkar muncul dari keterangan Nazarudin. Novanto disebut-sebut Nazaruddin sebagai orang yang mengatur dan menerima fee proyek e-KTP tersebut.

Dalam kasus e-KTP ini KPK telah menetapkan 2 orang tersangka, yaitu eks Dirjen Dukcapil Irman dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Sugiharto.

Saat proyek e-KTP berlangsung, Irman menjabat kuasa pengguna anggaran, sementara Sugiharto sebagai pejabat pembuat komitmen.

(azf/fdn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *