Kapan Bikin e-KTP Bisa Langsung Jadi Seperti SIM?

Kapan Bikin e-KTP Bisa Langsung Jadi Seperti SIM?

dddddBanda Aceh – Banyak warga yang membuat e-KTP mengeluhkan soal e-KTP yang tak langsung jadi layaknya SIM. Warga hanya mendapatkan surat pernyataan dari pejabat terkait yang menerangkan selembar kertas itu sebagai pengganti e-KTP.

Umumnya ini berlaku di semua daerah. Kertas itu nantinya bisa ditukarkan dengan e-KTP setelah satu bulan kemudian atau bahkan bisa lebih. Alasan pemberian selembar kertas ini biasanya karena urusan blanko. Padahal Kemendagri sudah jauh-jauh hari mengatakan stok blanko cukup.

Bila blanko cukup logikanya, membuat e-KTP bisa seperti membuat SIM, sehari jadi. Tapi ini entah kenapa setelah merekam data, menunggu lagi sampai satu bulan.

Pengalaman ini dituturkan beberapa pembaca detikcom dari sejumlah wilayah. Didi misalnya yang berasal dari Kota Bekasi. Dia menunjukkan selembar kertas yang didapatnya sebagai pengganti e-KTP.

“Ya cuma dapat kertas diambilnya Oktober, itu juga disuruh datang saja mengecek sudah jadi apa belum,” urai Didi, Senin (26/9/2016).

Didi menyayangkan semestinya membuat e-KTP bisa seperti SIM yang bisa langsung jadi. Demikian juga saat SIM hilang atau perpanjang, langsung jadi.

Tak hanya di Bekasi, di wilayah Kabupaten Bogor juga demikian. Irfan misalnya, dia juga mendapat selembar kertas yang nantinya ditukar dengan e-KTP yang diambil satu bulan kemudian.

Bukan hanya di Bekasi atau Bogor, di Jakarta yang notabene ibu kota juga sama saja. Padahal mungkin gudang blanko lebih dekat. Tapi tetap saja tidak bisa sehari jadi karena berbagai alasan. Dan sama juga diberi selembar kertas pengganti.

Bagaimana dengan daerah Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *