Hadapi Pilkada dan Pemilu, Aceh Tuntaskan Masalah Adminduk

Hadapi Pilkada dan Pemilu, Aceh Tuntaskan Masalah Adminduk

thumb_Prof._Zudan_Rakor_Dukcapil_Aceh_ (1)Banda Aceh –  Menuntaskan permasalah Administrasi Kependudukan (Adminduk) sangat penting untuk menghadapi Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019. Jika tidak, persoalan Adminduk bisa dimanfaatkan secara politik oleh pihak tertentu menjelang pesta demokrasi berlangsung.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat membuka Rapat Koordinasi Kependudukan se-Aceh di Gedung Serba Guna Setda Aceh, Rabu (02/05/2018).

“Terlebih lagi kita akan menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Kegislatif (Pileg) pada tahun depan”, jelas Nova dihadapan para peserta Kepala Dinas Dukcapil se-Aceh.

Hadir pula sebagai narasumber Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh.

Sebagai solusi terhadap persoalan Adminduk, Nova meyakini bahwa langkah pengintegrasian berbagai aspek kependudukan ke dalam perencanaan pembangunan merupakan pekerjaan besar yang harus diwujudkan. Integrasi menurutnya menjadi kunci karena persoalan kependudukan berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan.

Nova juga mengapresiasi revisi Undang-Undang Adminduk melalui Undang-Undang 24 Tahun 2013. Revisi tersebut sudah mengakomodir perubahan-perubahan signifikan dalam penyelenggaraan Adminduk.

Untuk itu, Rakor yang sedang berlangsung menjadi momentum untuk mensosialisasikan agar bisa diterapkan oleh kabupaten/kota.

“Rakor yang kita gelar hari ini, salah satunya adalah untuk mensosialisasikan dan meningkatkan pemahaman aparatur terhadap kebijakan kependudukan yang baru. Untuk itu, saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti pertemuan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga semua kebijakan yang telah ditetapkan nanti dapat kita jalankan,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, Umar Dhani mengatakan bahwa Rakor bertujuan untuk menemukan solusi-solusi terhadap persoalan kependudukan di Provinsi Serambi Mekah.

“Dalam rapat ini, kita harap semua permasalahan mendapatkan solusi demi terwujudnya efektivitas pelayanan administrasi kependudukan,” jelas Umar. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *