Gunakan KTP-el, Batang Hari Sukses Terapkan e-Voting Pilkades di 34 Desa

Gunakan KTP-el, Batang Hari Sukses Terapkan e-Voting Pilkades di 34 Desa

thumb_eVoting_Pilkades_Batang_Hari_(4)Banda Aceh – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus menggalakkan proses demokratisasi di tingkat lokal melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secaraElectronic Voting (e-Voting) dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Tahun 2015 lalu, BPPT telah merampungkan e-Voting Pilkades di lebih dari 400 desa yang tersebar di 7 kabupaten.

Pada tahun ini, BPPT mendampingi setidaknya di 5 kabupaten, yakni Musi Rawas, Boyolali, Pemalang, Mempawa, dan Batang Hari. Untuk Kab. Batang Hari, Pilkades berlangsung dalam 8 gelombang antara tanggal 21 Juli sampai 11 Agustus 2016 mendatang. Dalam pelaksanaannya, Dinas Dukcapil juga menggandeng Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD). e-Voting Pilkades ini merupakan yang pertama kali di Provinsi Jambi.

Hingga berita ini diturunkan, kabupaten yang beribukota di Muara Bulian ini telah sukses menyelenggarakan e-Voting Pilkades di 21 desa. Sisanya sebanyak 13 desa akan diselenggarakan dalam 3 gelombang, yakni 4 Agustus 2016 untuk 4 desa (Kehidupan Baru, Pematang Lima Suku, Bukit Sari, Bukit Harapan), 8 Agustus 2016 di 4 desa berikutnya (Sungai Lingkar, Padang Kelapo, Olak Kemang, Lopak Aur), dan terakhir 11 Agustus 2016 di 4 desa lainnya (Tebing Tinggi, Mekar Sari Rawa Mekar, Kembang Seri Baru, Batu Sawar).

Hingga 11 Agustus 2016 mendatang, kabupaten berpenduduk 305.477 jiwa ini akan merampungkan e-Voting Pilkades di 34 desa. Batang Hari memiliki 8 kecamatan, 100 desa dan 13 kelurahan dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 85.039 KK.

Pelaksanaan e-Voting Pilkades di daerah yang memiliki luas wilayah 5,486.81 KM ini merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkab Batang Hari dengan BPPT yang dikukuhkan melalui penandatanganan kesepakatan bersama kedua pihak.

Penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung di Aula Gedung Kabupaten Batang Hari, Selasa (22/03/2016) oleh Bupati Batang Hari Ir. H. Syahirsah SY. dan Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT Dr. Ing. Michael A. Purwoadi. Kesepakatan tersebut menjadi landasan hukum pelaksanaan e-Voting dan e-Verifikasi Pilkades di 34 desa dengan menggunakan KTP-el.

Untuk memastikan kesiapan tim pelaksana di lapangan, BPPT telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pegawai desa pelaksana Pilkades. Materi Bimtek terkait payung hukum e-Voting dan KTP-el, perlunya peraturan daerah dan peraturan bupati sebagai Juklak dan Juknis e-Voting, serta standar keamanan e-Voting agar sesuai dengan asas Pemilu Indonesia, yakni Luber dan Jurdil. Selain itu, juga dilakukan simulasi e-Voting di TPS simulasi yang diikuti semua peserta.

Kadis Dukcapil Kab. Batang Hari Ade Febriandi, S.STP., MM. mengungkapkan melalui saluran telepon saat dihubungi Tim Media Dukcapil Kemendagri, Rabu (03/08/2016), bahwa dengan e-Voting menggunakan KTP-el, pelaksanaan Pilkades jadi lebih efektif, efisien, cepat dan transparan.

Terkait penerapannya di semua desa, Ade Febriandi akan menyesuaikan dengan tahapan dan masa jabatan para kepala desa. “Pelaksanaan 2016 ini akan kami evaluasi untuk kelanjutan pelaksanaan di tahun 2017′, ungkapnya. Dukcapil***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *