GISA, Membangun Ekosistem Sadar Adminduk Mulai dari Keluarga

GISA, Membangun Ekosistem Sadar Adminduk Mulai dari Keluarga

thumb_GISA_Prov._Banten_(2)_Banda Aceh – Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menekankan pentingnya inovasi pelayanan administrasi kependudukan untuk diterapkan Dinas Dukcapil. Hal ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga tercapai tujuan masyarakat yang bahagia.

Untuk itu, Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) adalah langkah konkrit untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan. GISA, lanjut Prof. Zudan adalah membangu Indonesia sadar amdinistrasi kependudukan mulai dari keluarga.

“Di GISA ini konsepnya adalah kita membangun Indonesia sadar Adminduk mulai dari keluarga. Setiap keluarga disadarkan bahwa bayi yang baru lahir mendapat Akta Kelahiran”, jelas Prof. Zudan pada acara Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (18/02/2018).

Kegiatan ini diikuti pejabat yang membidangi administrasi kependudukan se-Provinsi Banten. Turut hadir pula Pjs Bupati Lebak Ino S. Rawita.

Begitupun halnya dengan anak yang memasuki 17 tahun, lanjut Zudan, harus memiliki KTP-el, yang menikah punya akta nikah/buku nikah dan yang meninggal dunia harus dibuatkan akta kematian.

“Jadi ini merupakan gerakan nasional,” kata Zudan.

Sebagai sebuah gerakan, GISA ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dalam empat hal.

“Kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat”, sambung Ketua DPN Korpri ini.

GISA dilaunching oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, dan Walikota Batam Muhammad Rudi, serta disaksikan oleh lebih dari 1.600 pejabat yang membidangi Adminduk dari provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Launching #GISA berlangsung pada pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) Tahun 2018 di Hotel Harmoni One & Convention Center Batam, Kepri, beberapa waktu yang lalu. Dukcapil***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *