Data Lengkap dan Akurat, Langsung Cetak

Data Lengkap dan Akurat, Langsung Cetak

zudan-di-manadojpg_e4gvj_1Banda Aceh – Di acara Expo Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),  Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri membuka stan khusus yang melayani warga merekam data KTP Elektronik (KTPel). Stand Ditjen Kependudukan sendiri banyak dikunjungi warga. Bahkan ribuan warga sampai antri untuk merekam data.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, ia  tak menyangka jika warga begitu antusias mendatangi stand Ditjen Kependudukan. Bahkan kemarin, pihaknya sampai harus menambah staf untuk melayani warga yang ingin merekam data. Zudan pun memohon maaf jika ada pelayanan di stand yang masih kurang.

“Saya selaku Dirjen mohon maaf apabila dalam pelayanan ini ada yang kurang. Kami sangat surprise karena banyak masyarakat yang datang karena berita hoax,” kata Zudan di TMII, Jakarta, Minggu (22/10).

Zudan juga kembali menegaskan bahwa stand kependudukan di TMII, awalnya hanya melayani perekaman. Bukan langsung cetak. Kata dia, ini adalah salah satu ikhtiar dari Kemendagri untuk menjemput bola kepada masyarakat. “Program kami di sini adalah untuk menyediakan perekaman bagi pengunjung dan penonton stan Expo Nusantara,”ujarnya.

Tapi kata dia, karena masyarakat sudah datang, dan bagi datanya yang sudah lengkap serta akurat, pihaknya berusaha juga untuk mencetak fisik KTPel. Dan, hari itu juga fisik KTPel dibagikan. Awalnya memang stand di TMII hanya melayani perekaman saja. Namun karena antusiasme warga begitu besar, diputuskan untuk datanya yang sudah lengkap serta akurat, diusahakan langsung dicetak juga.

“Karena sudah datang, kami berusaha melayani untuk mencetak. Nah, hari ini kami akan membagikannya. Yang hari ini menyerahkan berkas akan kami bagikan pagi besok pukul 09.00, agar tidak ada lagi antrean menunggu pencetakan,” tuturnya.

Terkait blanko KTPel, lanjut Zudan, stok mencukupi. Zudan juga sempat mengungkapkan program pencetakan fisik KTPel. Kata dia, secara nasional masih ada sekitar 7-8 juta warga yang belum melakukan perekaman. Sedangkan KTPel yang sudah siap cetak, jumlahnya berkisar di angka 2-2,5 juta keping. Pihaknya menerapkan metode PRR atau Print Ready Record.

“Ya yang sudah siap cetak sekitar 2-2,5 juta yang sedang pencetakan. Perekaman kami sekarang sudah sekitar 95-96 persen. Kurang 7-8 juta penduduk yang belum rekam KTPel seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sumber :Pupsen Kemendagri

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *