BPJS Ketenagakerjaan, 20 Lembaga Terbanyak Akses Data Kependudukan

BPJS Ketenagakerjaan, 20 Lembaga Terbanyak Akses Data Kependudukan

thumb_BPJS_KetenagakerjaanBanda Aceh – Tingginya akses data kependudukan oleh lembaga pengguna dalam pelayanan publik dan sektor lain mengindikasikan semakin baiknya kepercayaan publik (public trust) terhadap pemanfaatan data kependudukan.

Sebagai satu dari 973 lembaga pengguna yang memanfaatkan data kependudukan, BPJS Kesehatan masuk dalam kelompok 20 besar lembaga pengguna dengan jumlah akses terbanyak.

“BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan salah satu lembaga yang mengakses data Dukcapil dengan peringkat 20 lembaga terbanyak. Ini membuktikan terhadap basis registrasi data semakin baik”, jelas Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan David Yama di Jakarta, (30/04/2018).

Hal ini disampaikannya pada Sosialisasi Perpanjangan Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Dukcapil dengan BPJS Ketenagakerjaan yang dihadiri oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

“Ini sesuai dengan bimbingan Bapak Dirjen Dukcapil yang mengarahkan sampai ketingkat kecamatan/desa untuk selalu bahu-membahu, poros pemerintahan dijalankan memenuhi harapan publik dalam pemenuhan Adminduk,” lanjut Yama.

Melanjutkan komitmen pemanfaatan data kependudukan untuk semua keperluan, David Yama mengaku sedang mempersiapkan rencana pelaksanaan penandatanganan kerjasama dengan lebih banyak lembaga pengguna.

“Bulan depan rencananya kami akan menyelenggarakan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan 27 lembaga di bawah perbankan, asuransi, atau sekuritas. Lalu  44 lembaga di bawah asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AJI) serta 800 lembaga BPR di bawah Perbarindo,” tambah Yama.

Mengutip amanat Presiden Joko Widodo pada pencanangan Sensus Ekonomi Nasional 2016, Yama mengatakan bahwa data kependudukan yang akurat, akan menghadirkan kebijakan yang efektif, yaitu kebijakan yang betul-betul benar, tidak melesat.

“Karena datanya betul-betul akurat dan detail” imbuh Yama melanjutkan.

Selain itu, ia mengaku pihaknya terus mengawal akses data kependudukan agar dapat bermanfaat untuk mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.

Dan saat ini, ada 233 lembaga pengguna yang secara terus menerus dan aktif mengakses data kependudukan untuk berbagai keperluan untuk mendukung tujuan tersebut. Dukcapil***

Jalan Mr. Mohd Hasan Nomor 102 Banda Aceh 23352 Telp. (0651) 73155005, Fax (0651) 7315501

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *