Akses Data Kependudukan Bisa Prediksi Booming Ekonomi

Akses Data Kependudukan Bisa Prediksi Booming Ekonomi

thumb_Prof._Zudan_Sosialisasi_di_Pegadaian_Banda Aceh – Pemanfaatan data kependudukan kini sudah menapaki berbagai lini kehidupan, terutama terkait layanan publik pemerintah, BUMN, dan swasta.

Akses terhadap pemanfaatan data kependudukan oleh lembaga pengguna yang sudah bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil, diyakini Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh bahkan dapat memprediksi terjadinya booming ekonomi.

“Misalnya, di daerah tertentu cabang Pegadaian mendapatkan banyak nasabah baru berdasarkan data Dukcapil, maka kami bisa mendata di daerah tersebut sedang terjadi booming ekonomi-kah atau sedang terjadi kondisi lainnya,” kata Prof. Zudan saat Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan dengan PT. Pegadaian (Persero) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/04/2108).

Selain itu, pemanfaatan data kependudukan dapat mempermudah proses verifikasi identitas nasabah. Muaranya adalah pengendalian risiko akan semakin bijak dalam melayani masyarakat.

“Dengan kerja sama pemanfaatan verifikasi identitas data informasi KTP-el ini akan mempercepat layanan berbagai produk yang ada di Pegadaian,” lanjut Zudan.

Sementara, Direktur Utama PT. Pegadaian Sunarso mengatakan, kerja sama dengan Dukcapil bagi lembaga keuangan Pegadaian selain dapat mempermudah proses verifikasi identitas nasabah, juga memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat sehingga dapat menikmati proses layanan keuangan yang mudah dan cepat.

Untuk diketahui, hingga berita ini diturunkan, sebanyak 975 lembaga pengguna sudah bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil untuk memanfaatkan data kependudukan.

Sesuai amanat Undang-Undang Adminduk, data kependudukan dimanfaatkan untuk semua keperluan, terutama untuk layanan publik pemerintah, BUMN dan swasta. Dukcapil***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *