Akankah Penyidik KPK Periksa Ketuanya Sendiri di Kasus Korupsi e-KTP?

Akankah Penyidik KPK Periksa Ketuanya Sendiri di Kasus Korupsi e-KTP?

898bc68f-010a-41b4-8dbd-e077d61f4ef1_169Banda Aceh – Sebelum menjabat sebagai Ketua KPK, Agus Rahardjo sempat memberikan saran berkaitan dengan pengadaan proyek e-KTP. Saat itu, Agus menjabat sebagai Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Kini kasus dugaan korupsi proyek bernilai Rp 6 triliun itu bergulir di masa kepemimpinan Agus Rahardjo sebagai Ketua KPK. Lalu apakah keterangan Agus sebagai Ketua LKPP memungkinkan penyidik KPK untuk memeriksa ketuanya sendiri?

“Pada prinsipnya kita dalam penyidikan tidak boleh melihat siapa pun. Kalau menurut penyidikan dibutuhkan keterangan yang bersangkutan mau tidak mau termasuk saya, kalau dibutuhkan,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2016) kemarin.

Basaria menegaskan dalam melakukan penyidikan KPK tidak akan bersinggungan dengan kepentingan. Pun ketika penyidik KPK harus meminta keterangan dari ketuanya sendiri.

“Jadi tidak mengenal siapa pun. Apabila penyidikan memerlukan keterangan kita harus berpartisipasi dan mendukung penyidikan,” tegas Basaria.

Meski demikian, Basaria menyebut keterangan Agus Rahardjo selaku Ketua LKPP sejauh ini belum diperlukan. Namun apabila dalam perkembangannya keterangan Agus diperlukan maka bukan tidak mungkin penyidik KPK akan memeriksa ketuanya sendiri.

“Sampai saat ini belum. Penyidik belum mengarah ke sana. Kita tunggu dulu perkembangannya,” ujar Basaria.

Di tempat yang sama, Agus menegaskan, saat menjabat sebagai Ketua LKPP, saran yang diberikannya pada tim panitia pengadaan proyek e-KTP tidak ada yang dipatuhi. Akibat saran itu tidak diikuti, proyek tersebut pun terindikasi korupsi.

“Kan saya udah pernah sampai kan ke beberapa pihak pada waktu itu kita banyak memberikan saran kemudian sarannya tidak diikuti yah kejadiannya seperti ini,” kata Agus.

Tentang munculnya nama Agus Rahardjo dalam pusaran kasus korupsi e-KTP muncul dari mulut mantan Mendagri Gamawan Fauzi.

Seusai menjalani pemeriksaan beberapa waktu lalu, Gamawan mengaku telah meminta rekomendasi ke KPK dan diminta untuk didampingi LKPP yang saat itu diketuai oleh Agus Rahardjo.

Menurut Gamawan, proyek itu tidak mengalami masalah dan selalu diaudit setiap tahun. Namun ternyata proyek itu bermasalah dan saat ini tengah diusut KPK.
(dha/fdn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *