884 Lembaga Manfaatkan Data Kependudukan Kemendagri

884 Lembaga Manfaatkan Data Kependudukan Kemendagri

thumb_PKS_dengan_Perbarindo_di_Surabaya.jpgwwwwwBanda Aceh – Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil terus mengoptimalkan pemanfaatan data kependudukan dengan lembaga pengguna. Hal ini sebagaimana amanat undang-undang administrasi kependudukan.

Terakhir, PT Taspen Life menjadi lembaga yang ke-884 yang memanfaatkan data kependudukan Kemendagri.

Kerjasama ini tertuang dalam perjanjian kerjasama (PKS) antara Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dengan Dirut PT Taspen Life Maryoso Sumaryono di Surabaya pada tanggal 8 Januari 2018 lalu.

Sebelumnya, tanda tangan perjanjian kerjasama pemanfaatan data kependudukan juga berlangsung dengan 151 BPR/BPRS wilayah Jawa Timur anggota Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo).

Kerjasama pemanfaatan data kependudukan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nompor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Pasal 58 mengamanatkan bahwa data  kependudukan yang digunakan  untuk  semua  keperluan  adalah  data kependudukan dari kementerian yang bertanggung  jawab  dalam  urusan  pemerintahan dalam negeri.

Data kependudukan di antaranya dimanfaatkan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal. Dukcapil***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *